Pengalaman Menggunakan Windows 8 versi Consumer Preview

dalam tulisan sebelumnya tentang Windows 8 Consumer Preview dan kemana harus mendowloadnya, sekarang saatnya saya bercerita tentang pengalaman pertama menggunakan Windows 8 Consumer Preview dan pengalaman kedua dalam menggunakan Windows 8 ini. sebelumnya saya juga mencoba Windows 8 Developer Preview.

ada yang paling menyenangkan pada Window 8 Consumer Preview ini, yaitu Window Update (satu-satunya fitur yang pasti langsung saya tengok dan aktifkan untuk pertama kali sebelum melakukan yang lainnya).

kalau pada versi devpreview notifikasi pembaruan yang diterima bisa didownload tapi tidak bisa di install, di versi consumer preview penginstallan pembaruan berjalan dengan sukses.

setelah itu saya mencoba menginstall tiga aplikasi yang berada di dalam label suggestion, yaitu Cut The Rope, SnapyX, dan WordPress. ketiganya sukses terinstall.

aplikasi wordpress membuat saya terpaksa berdecak dengan satu kata paling unyu didunia, ‘WOW’.

booting dan startup system jauh lebih cepat dibandingkan win8 devPreview, kostumasi personalisasi desktop memberikan opsi sangat mirip dengan opsi pada win7.

saya juga mencoba menginstall JDK dan Netbeans IDE, keduanya sukses terinstall. saya sempat menguji mengompile skrip java sederhana tanpa melakukan modifikasi pada variable environment, sesuai dengan dugaan, compile saya gagal, rupanya memang harus melakukan set path pada variable environment seperti versi windows lainnya.

pengalaman yang benar-benar baru adalah universal menu yang memiliki perilaku sesuai konteks aplikasi yang sedang aktif . konteks menu ini mengingatkan saya pada smartphone saya.

untuk menginstall Windows 8 Consumer Preview, yang paling wajib adalah anda harus memiliki installernya, untuk itu silahkan mendownloadnya disini.

burn file image (ISO) hasil download tersebut ke DVD atau membuat bootable flashdisk seperti yang saya lakukan *saya ga punya optical drive eksternal*

jika sudah selesai membuat CD atau Flashdisk bootable, restart system, lalu masuk ke pengaturan perioritas booting system, arahkan pada CD atau Flashdisk bootable, lalu tekan enter. proses instalasi akan segera berjalan.

selamat mencoba.

**nb. buat yg blm mengerti cara membuat bootable usb flashdrive, silahkan googling, banyak sekali tutorial dan software untuk membuatnya dengan sangat mudah. saya sendiri lebih menyukai membuat bootable flashdisk secara manual dengan DISKPART Command di shell atau commadpromp. anda juga akan membutuhkan software untuk virtualdrive untuk mengekstrak file ISO windows 8 hasil download.

Advertisements

One thought on “Pengalaman Menggunakan Windows 8 versi Consumer Preview

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s