guru kencing berdiri murid kencing berlari

judul artikel ini memang demikian. guru kencing berdiri murid kencing berlari. ungkapan yang hampir semua orang indonesia mengetahuinya dan hafal luar dalam kepala.

dalam kaitannya terhadap untgkapan tersebut, tiap orang pasti berbeda pandangan dan komentarnya, tetapi apa makna sesungguhnya? apakah ungkapan tersebut benar benar relevan dari masa kemasa hingga sekarang?

banyak kasus dalam dunia pendidikan di indonesia, mengenai kualitas siswa sekolah yang dipertanyakan, performa guru yang tidak sering di katakan tidak sesuai, dan banyak lagi.

masih ingat kasus siswa yang video mesumnya tersebar keseluruh pelosok indonesia karena bisa  diunduh secara bebas dari internet, atau kasus kriminalitas yang di lakukan oleh siswa, bahkan ada juga yang di lakukan oleh guru.

beberapa masyarakat benar benar mengartikan bahwa setiap kelakuan menyimpang anak usia sekolah adalah kesalahan para guru.

benarkah semua itu adalah tanggung jawab guru?

seperti yang kita ketahui bahwa sumber belajar dan tempat belajar itu bukan hanya sekolah melainkan ada lingkungan dan juga keluarga yang keduanya jauh lebih berperan dalam pembentukan karakter manusia. sekolah memang lembaga yang menggelar proses pembelajaran secara sistematik dan di selenggarakan secara resmi yang prosesnya di awasi dan di evaluasi.

dalam sekolah “guru” merupakan yang bertanggung jawab dalam transfer pengetahuan, namun juga  memiliki tanggung jawab dalam pembinaan sikap dan mental.

tetapi apakah kemudian tindakan menyalahkan guru atas kegagalan anak didiknya merupkan hal yang wajar dan sesuai? memurut saya sama sekali tidak.

kata “guru” dalam ungkapan guru kencing berdiri murid kencing berlari sebaiknya tidak di artikan dan di pahami secara sempit. karena sesungguhnya setiap orang dewasa adalah guru yang memiliki tanggung jawab untuk memberikan pembinaan kepada setiap anak [anak muda, remaja dan anak-anak] dalam hal pengetahuan, sikap dan mental.

oleh karena itu marilah kita semua menyadari bahwa kita memiliki tanggung jawab terhadap perkembangan mental dan intelektual setiap anak bangsa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s