install yang gagal

maksud hati mo gaya-gayaan, ternyata hasilnya adalah install ulang ubuntu.

takjub melihat tampilan desktop ubuntu yang aduhai dengan segala gerak animasi dan transisi yang memukau. penasaran mo bikin yang seperti itu, hasil tengok kanan-kiri dan tanya sana-sini, akhir nya coba-coba deh.

langkah pertama harus di install XServer, walopun ngga tau apa itu, tapi ya nekat aja install. maklum baru kenalan ma ubuntu, jadi rasa penasaran mengalahkan segalanya, langkah2nya telah di ikuti dengan sangat tertib, bahkan dari pada resiko kesalahan ketik, saya memilih copy-paste perintah ke “terminal”.

prosesnya berjalan dengan lancar dan tak ada masalah sampai system meminta untuk di restart, maka sebagai anak baik saya melakukan anjuran tersebut, komputer saya restart.

proses restart sukses, di awal proses booting masih terlihat normal seperti biasanya, masalah mulai muncul saat saya menekan tombol enter ketika login ke system.

layar monitor hanya berwarna orange khas ubuntu dan tidak juga berubah menampilkan desktop yang bisa bermanuver, 10 menit saya tunggu, tapi setelah 20 menit, saya putuskan untuk kembali restart.

booting kedua menghasilkan tampilan yang sama, yaitu monitor menampilkan ruang kosong berwarna orange.

akhirnya saya mengaktifkan kembali prioritas booting ke CD di BIOS, dan melakukan install ulang mesin pake karya besutan Hardy Heron.

selanjutnya, sudah pasti bisa ditebak, yaitu install sofware lain.

lumayan melelahkan,,,

ada yang bisa bantu saya bikin tampilan ubuntu menjadi jreng???

4 thoughts on “install yang gagal

Leave a Reply

