serangan maut sang dosen

 

jumat 21 sept’07 serrum menggelar kembali kuliah terbang yang ke-10. kuliah kali ini mengangkat tema kuratorial, sayangnya tugas kantor mengharuskan aku untuk bekerja lembur, jadi tidak bisa mengikuti perkuliahan dari awal. terlambat satu jam dari jadwal. kuratorial adalah tema yang sengaja diangkat, mengingat ada dua anggota serrum yang sangat tertarik dengan kuratorial dan kurasi. yang pertama adalah Restu (mbatu), mahasiswa UNJ angkatan 2000 yang diangkat menjadi kurator CCF (Centre Cultural France) atau pusat kebudayaan perancis, dan satu lagi adalah winanada suciyadi mahasiswa senirupa UNJ angkatan1999 yang sering kali di minta untuk meng-kurasi karya mahasiswa senirupa UNJ yang akan berpameran. kedua orang tersebut mungkin yang paling berbahagia atas di gelarnya kuliah terbang kali ini. tetapi saya juga tak kalah senang dari mereka. kuliah terbang selama +- 3 jam itu di bawakan oleh Hafiz dari komunitas Forum Lenteng yang di nobatkan menjadi dosen selama perkkuliahan ini. saya ketiggalan ceramah yang dibawakan oleh hafiz. saat saya tiba proses kuliah sudah bergulir pada sesi tanya jawab yang sangat seru. setelah beberapa saat lama nya mengikuti diskusi, baru saya bisa menangkap arah dan penekanan isi dari perkuliahan (sebenarnya di tambah celingak-celinguk bertanya pada teman2) . sangat menarik ternyata. seorang kurator ternyata di tuntut memiliki kemampuan melihat, memahami, dan mengerti semua wacana seni, rupa, publik, dan perkembangan kebudayaan( pergeseran pola pikir masyarakat pada tiam jaman atau interval waktu). “seorang kurator, untuk mampu mengkurasi sebuah paket karya seni harus memiliki bekal pengetahuan yang lintas dan multi disiplin“. begitu kata-kata sang dosen hafiz, lalu kemudian dia menambahkan “agar mampu mengetengahkan sebuah wacana yang bisa di pahami oleh publik secara bertanggung jawab“. saat kata-kata ini meluncur dari sang dosen, saya sudah mulai berpikir betapa berat tuntutan seorang kurator. saya membuat sebuah kesimpulan untnuk saya sendiri waktu itu sambil mencoba menarik sebuah hubungan (korelasi) dari sekian banyak variabel yang harus di kuasai. rangkuman nya dalah sebagai berikut:

  • kemampuan berkomunikasi dengan lingkungan dan perkembangan pola pikir masyarakat saat itu.
  • memiliki wacana yang luas dan mendalam agar dapat merumuskan sebuah paket informasi kepada masyarakat. >> dan ini harus dipertanggung jawabkan atas segala kemungkinan atau ekses yang terjadi atas wacana yang di lontarkan tersebut.
  • memiliki pemahaman atas berbagai disiplin keilmuan, terutama yang berkaitan dengan kemasyarakatan dan budaya (sosiocultural) dan antropologi. >> gila kan, sosiologi itu kan luas banget.
  • memiliki kekuatan tawar yang mantap agar mampu memformulasikan sebuah paket apresiasi dari serangkaian karya seni yang terdiri dari banyak seniman (misalnya dalam paket pameran bersama atas suatu tema), sehingga dapat mengkomposisikan dimensi paket apresiasi tersebut.

nah dari empat point diatas aja saya sudah pusing. terutama point ke tiga itu yang membuat saya merasa di tusuk langsung di jantung. suara sang dosen terdengar begitu menyeramkan buat saya. suara itu seperti terdengan begini: ” kalo mau jadi kurator, kalian harus belajar semuanya, ilmu sosial, antropologi, eksak, metafisika, fisika, biologi, matematika, bahasa, komunikasi, sosiologi, manajemen, akuntansi, politik,dansemuanya. terutama seni dan budaya. lalu harus menguasai kemampuan membaca, menulis, berdeklamasi, ceramah, debat, dan lain sebagainya”. pusing memang kepala saya kalau memikirkan semua syarat tadi makanya, saat ini saya memutuskan untuk tidak menjadi kurator, entahlah besok atau lusa. tetapi selain semua kengerian itu, saya sangat senang karena saya menjadi menngerti sebuah wacana dengan lebih mendalam. saya menjadi lebih tau apa itu kuratorial dari segi epistemologi dan filsafat ilmu (filsafat keilmuan, bukan ilmu filsafat) . sejujurnya wacana ini semakin menaik perhatian saya.

Advertisements

2 thoughts on “serangan maut sang dosen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s